Tentang Ilmu Komputer, Android, Panduan Blogging dan Tips di Internet.

Cara Membeli Domain di IDwebhost

Pada hari kamis tanggal 7 April 2016, blog kesayangan saya ini dengan url www.regibrader-free.blogspot.com kini telah menjadi Top Level Domain dengan url regibrader.com . Bersyukur sekali karena telah sekian lama ingin melakukan hal ini agar blog saya terlihat lebih profesional. Semoga dengan beralihnya menjadi Top Level Domain, blog ini bisa semakin familiar di kalangan penjelajah internet umumnya dan sobat Blogger khususnya.

Top Level Domain from IDwebhost

Untuk mengalihkan Blogspot ke custom domain, saya menggunakan jasa hosting dan domain IDwebhost. Jika sobat juga berencana mengubah blogspot yang sobat miliki menjadi cutom domain seperti .com agar terlihat lebih profesional, saya merekomendasikan sobat untuk menggunakan IDwebhost. Karena penyedia jasa hosting dan domain ini telah terpercaya sejak lama, dengan pelayanan yang ramah dan cepat karena CS jarang sekali terlihat offline, dan harga yang ditawarkan pun lebih murah dari yang lain. Silakan sobat cek pada halaman resminya, https://idwebhost.com/Hosting_Domain_Harga

Kalau belum berubah, di sana akan terlihat domain yang paling murah adalah .web.id dengan harga Rp.55.000 . Sedangkan domain favorit yang biasa digunakan yaitu .com seharga Rp. 110.000, terhitung lebih murah dibandingkan dengan yang lain. Bahkan ada sebagian Web hosting domain yang lain, saat hendak memperpanjang domain kita harus membayar hingga 2 kali lipat dari harga awal, sedangkan di IDwebhost tidak sama sekali.

Silakan bagi sobat yang ingin mengikuti jejak saya untuk mengubah Blogsppot menjadi custom domain, mari gunakan IDwebhost sebagai penyedia jasa hosting domain.

Cara Membeli Domain di IDwebhost

  • Silakan kunjungi halaman IDwebhost.
  • Kemudian coba masukan nama domain yang ingin sobat gunakan. Jika tersedia, langsung saja klik Beli domain saja. Namun jika tidak, sobat harus menggunakan nama domain yang lain.
Cara Membeli Domain di IDwebhost
  • Sobat akan dibawa ke halaman berikut. Di sana terlihat daftar harga per tahun untuk pembelian nama domain yang sobat inginkan. Domain di IDwebhost setiap tahun atau kelipatanya memiliki harga yang stabil. Misalnya domain com seharga 110 ribu per tahun, 220 ribu untuk 2 tahun, dan seterusnya.
  • Silakan tentukan berapa tahun sobat ingin membeli domain kemudian klik Order Sekarang. Sobat bisa memperpanjang kontrak jika saat ini belum berniat untuk membeli domain dengan waktu yang lebih lama.
Cara Membeli Domain di IDwebhost
  • Setelah melakukan order, sobat akan di bawa ke halaman keranjang belanja. Di sini sobat bisa menambahkan layanan Proteksi ID dengan mencentang kolom di sampingnya dan dengan tambahan biaya sebesar yang dicantumkan. Jika tidak ingin layanan tambahan ini, maka biarkan kosong saja. Untuk selanjutnya klik Lanjutkan.
Cara Membeli Domain di IDwebhost
  • Kemudian akan masuk ke halaman ringkasan pesanan. Silakan cek kembali paket domain yang sobat pesan. Jika sudah benar maka langsung saja klik selesaikan pemesanan. Untuk bagian kode promosi atau validasi kode, bisa sobat tinggalkan karena biasanya kita tidak mendapatkan kode tersebut.
Cara Membeli Domain di IDwebhost
  • Selanjutnya sobat akan dimintai data diri seperti nama, kontak, dan alamat. Silakan isi dengan data yang sebenar-benarnya sesuai dengan kartu identitas sobat. Untuk nama perusahaan sobat bisa mengisinya dengan nama Blog sobat.
  • Tahap pengisian data diri ini sekaligus pembuatan akun di IDwebhost. Jika sobat sebelumnya telah membuat akun, maka bisa langsung login saja.
  • Pilih metode pembayaran yang ingin sobat gunakan. Di sini sobat bisa memilih antara Bank Transfer dan Paypal.
  • Kemudian centang pernyataan persetujuan dari IDwebhost dan terakhir klik selesaikan pemesanan.
Cara Membeli Domain di IDwebhost
  • Selanjutnya sobat akan dialihkan ke halaman yang menampilkan faktur pemesanan. Di sana ditampilkan detail pemesanan dan jumlah yang harus dibayar.
  • Selain itu silakan cek email yang sobat gunakan untuk registrasi di IDwebhost. Sobat akan menerima email dari IDwebhost mengenai registrasi dan pemesanan paket domain yang sobat lakukan. Email mengenai pemesanan paket domain akan memandu sobat dalam melakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran. Silakan ikuti langkah-langkahnya.

Melakukan Pembayaran Domain IDwebhost

Sebelumnya sobat telah memilih metode pembayaran yang akan digunakan yaitu antara Bank Transfer dan Paypal. Kini saya akan membahas tentang pembayaran melalui Bank Transfer saja. Ada beberapa cara yang bisa sobat pilih pada metode ini, misalnya dengan datang ke bank tempat anda menabung, mesin ATM, atau melalui Internet Banking. Jika sobat tidak memiliki rekening pun tetap bisa melakukan pembayaran dengan melakukan transfer tunai di bank terdekat.

Untuk melakukan pembayaran sendiri, sobat harus memasukkan nomor invoice dalam "berita" saat melakukan pembayaran melalui metode mana pun yang sobat pilih. Nomor invoice sendiri tercantum pada email yang sobat terima. Selain itu jumlah yang harus dibayar pun disertai dengan kode unik. Misalnya jika jumlah yang harus dibayar sebelumnya adalah sebesar Rp. 110.000 kemudian pihak IDwebhost menentukan kode unik yaitu Rp. 94. Maka sobat harus membayar sebesar Rp. 110.094 . Kode unik ini dicantumkan pada email yang sobat terima dan berfungsi untuk mempermudah proses konfirmasi pembayaran.

Silakan lakukan pembayaran dengan teliti mengikuti ketentuan pada email ke nomor rekening yang juga tercantum di dalamnya. Kemudian jika pembayaran telah berhasil dilakukan, segera lakukan konfirmasi pada IDwebhost agar pembelian paket domain kamu bisa segera dilanjutkan.

Melakukan Konfirmasi Pembayaran IDwebhost

Masih tercantum dalam email, IDwebhost memberikan 3 metode konfirmasi pembayaran yaitu melalui:
  1. Email ke billing@idwebhost.com
  2. SMS ke +6285729999951
  3. dan pengisian form konfirmasi pembayaran di halaman http://idwebhost.com/konfirmasi.
Kali ini kita coba melakukan konfirmasi pembayaran menggunakan form yang telah disediakan.
Silakan isi data-data transaksi dengan lengkap pada form konfirmasi, kemudian klik kirim. Berikut adalah screenshot dari form tersebut.

Konfirmasi Pembayaran IDwebhost

Untuk melakukan konfirmasi melalui email atau SMS, silakan sobat isikan data yang sama dengan form konfirmasi pada screenshot di atas. Kemudian setelah konfirmasi dilakukan, sobat akan menerima email mengenai telah dilakukannya konfirmasi. Dan pihak IDwebhost meminta kita untuk menunggu proses pemeriksaan dalam waktu yang telah diperkirakan hingga akhirnya akun IDwebhost sobat akan diaktifkan.

Jika semua tahapan telah selesai dilakukan, mulai dari pemesanan paket domain, pembayaran dan konfirmasi pembayaran, maka dalam selang waktu tertentu kini nama domain yang sobat inginkan telah mutlak milik sobat. Untuk tahap selanjutnya sobat harus melakukan konfigurasi saat mengganti domain Blogspot menjadi custom domain.

Artikel terkait : Cara Membeli Domain di IDwebhost

Artikel Blog Regi Brader Lainnya :

2 komentar:

  1. Mas pada pengisian data perusahaan, nama blog yang dicantumkan yang masih blogspot atau domain yang akan dibeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terserah sobat pilih yang mana, bahkan tidak sama dengan nama Blog pun tidak menjadi masalah

      Delete

Copyright © 2013-2016 Blog Regi Brader - All Right Reserved