Tentang Ilmu Komputer, Android, Panduan Blogging dan Tips di Internet.

Cara Mengubah Blogspot ke Custom Domain

Kita semua tahu bahwa Blogspot merupakan web log dengan server blogspot / blogger / google sehingga di dalam url akan tertulis subdomain .blogspot . Kita bisa mengubahnya menjadi custom domain seperti .com, .net, .id dan sebagainya sehingga subddomain .blogspot terhapus dari url.

Sejatinya domain kita bukan diubah, atau subdomain .blogspot bukan dihapus. Domain kita tidak bisa diubah dengan subdomain .blogspot yang tidak akan hilang. Namun kita bisa mengalihkannya dengan cara kerja kurang lebih seperti ini, domainkamu.blogspot.com dapat diakses melalui domainkamu.com . Bahkan kita bisa menggunakan nama domain yang berbeda dari nama domain saat masih .blogspot . Contohnya domainkamu.blogspot.com dialihkan ke domainkita.com .

Agar dapat dialihkan ke custom domain, kita perlu membeli domain dari penyedia jasa hosting dan domain. Banyak sekali penyedia jasa ini yang bisa sobat pilih. Saya sendiri menggunakan jasa IDwebhost untuk custom domain pada Blog ini. Sebagai panduan untuk sobat saat ingin membeli domain di jasa mana pun, silakan baca Cara Membeli Domain di IDwebhost. Dan jika sobat telah membeli domain, maka kini sobat bisa mengubah blogspot ke custom domain.

Mengubah Blogspot ke Custom Domain

Mengalihkan Blogspot ke Custom Domain

Tutorial ini saya lakukan di halaman IDwebhost. Jika sobat menggunakan penyedia jasa hosting domain yang lain, panduan ini tetap bisa sobat gunakan. Karena cara mengalihkan blogspot ke custom domain memiliki prinsip yang sama saja, yaitu memuat CNAME, A Record, dan Nameserver. Namun akan ditemukan perbedaan pada interfaces halaman jasa hosting domain yang kita gunakan masing-masing.
  • Pada dashboard Blogger sobat, silakan masuk ke menu Setelan dan Submenu Dasar.
  • Pada bagian Penerbit, klik + Siapkan URL pihak ke-3 untuk Blog anda. Kemudian masukan nama domain yang telah sobat beli dan jang lupa diawali www
  • Pada opsi Gunakan host file yang hilang? Silakan pilih tidak, dan kemudian klik Simpan.
  • Akan muncul pesan eror yang disebabkan karena dalam menautkan custom domain kita perlu melakukan verifikasi otoritas.
  • Perhatikan bagian yang saya beri tanda kotak berwarna merah. Itu merupakan 2 pasang kode CNAME yang perlu kita tautkan pada setelan domain yang telah kita beli. Maka silakan copy 4 kode tersebut ke dalam notepad.
Mengalihkan Blogspot ke Custom Domain
  • Selanjutnya silakan sobat masuk/login ke Situs hosting tempat sobat membeli domain.
  • Kemudian masuklah ke halaman tempat domain sobat ditampilkan dan carilah opsi untuk kelola domain.
Mengalihkan Blogspot ke Custom Domain
  • Pengelolaan yang pertama kita lakukan adalah setelan DNS, maka silakan cari DNS management.
  • Masukan 4 IP A record Blogspot berikut:
  1. 216.239.32.21
  2. 216.239.34.21
  3. 216.239.36.21
  4. 216.239.38.21
  • Masukan 4 IP tersebut satu-persatu dengan cara seperti berikut. Isi nama host dengan "@", Jenis record dengan  "A (address)", Alamat dengan satu alamat IP tadi, dan Priority dibiarkan kosong saja. Dan klik Simpan Perubahan.
  • Selanjutnya masukan kembali 3 IP berikutnya dengan cara yang sama satu-persatu.
Mengalihkan Blogspot ke Custom Domain
  • Jika sudah lengkap 4 IP A record tersimpan, kemudian masih tetap di halaman yang sama kita masukan CNAME yang di dapat dari Blogspot.
  • Yang berbeda di sini adalah Jenis record kita pilih CNAME. Silakan perhatikan screenshot berikut.
  • Masukan www pada Nama Host dan ghs.google.com pada Alamat, lalu masukan kode seperti ekq372***** pada Nama Host dan gv-pxhdznj2m*****.dv.googlehosted.com pada Alamat. Kemudian klik Simpan Perubahan.
Mengalihkan Blogspot ke Custom Domain
  • Setelah setelan IP dan CNAME selesai dilakukan, sobat perlu melakukan setelan NameServer untuk mengelola DNS. Silakan masuk ke halaman pengaturan NameServer dan masukanlah nameserver yang telah ditentukan oleh situs penyedia hosting domain yang sobat beli.
Mengalihkan Blogspot ke Custom Domain

Setelah semua setelan dilakukan, silakan tunggu proses perubahan DNS selama 6-8 jam. Namun karena saya sendiri merasa tidak sabar, dalam waktu 3 jam pun sudah saya coba untuk melakukan langkah selanjutnya. Perkiraan waktu 6-8 jam itu hanya sebatas perkiraan saja, maka tidak masalah jika sobat juga ingin coba melakukan langkah selanjutnya kurang dari waktu yang diperkirakan.
  • Kembali ke dashboard sobat kemudian masuk ke menu Setelan dan pilih opsi Dasar.
  • Pada bagian Penerbit, ulangi tahap saat memasukan URL pihak ke-3 untuk Blog sobat. Kemudian masukan nama domain yang telah sobat beli dengan diawali www
  • Pada opsi Gunakan host file yang hilang? Silakan pilih tidak, dan kemudian klik Simpan.
  • Jika pesan error kini tidak muncul, maka proses Mengalihkan Blogspot ke Custom Domain telah berhasil. Silakan coba akses nama domain yang sobat gunakan.
  • Selanjutnya masih di halaman penautan URL pihak ke-3, klik edit pada nama domain yang sobat tautkan.
  • Centang opsi Alihkan namadomain.com ke www.namadomain.com agar domain sobat tetap bisa diakses saat menulis url tanpa www. Kemudian klik Simpan.
Mengalihkan Blogspot ke Custom Domain

Sobat telah berhasil mengubah blogspot ke custom domain. Namun pengalaman dari beberapa sobat Blogger yang lain, setelah dialihkannya blogspot ke custom domain, timbul beberapa dampak yang dirasakan. Untuk saya sendiri tidak begitu merasakan dampak tersebut. Jika sobat sendiri merasakan beberapa dampak dari hal ini, maka sobat harus paham hal yang perlu dilakukan setelah mengubah blogspot ke custom domain.

Artikel terkait : Cara Mengubah Blogspot ke Custom Domain

Artikel Blog Regi Brader Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013-2016 Blog Regi Brader - All Right Reserved