Tentang Ilmu Komputer, Android, Panduan Blogging dan Tips di Internet.

Memunculkan dan Menghilangkan Opsi Pengembang pada Setelan Android

Opsi pengembang atau developer option merupakan salah satu opsi di dalam setelan Android. Di dalam Android versi lama opsi ini mudah ditemukan dalam setelan. Namun karena fungsi opsi pengembang ini sensitif terhadap sistem, Android pun melakukan pembaruan dengan menyembunyikan opsi pengembang ini sejak Android versi 4.2 dan seterusnya. Opsi ini disembunyikan agar pengguna Android yang mereka sendiri merasa awam terhadap android tidak menggunakan opsi ini secara sembarangan sebab dapat merusak sistem.

Opsi Pengembang pada Setelan Android

Tidak jarang para pengguna android memiliki keperluan khusus saat "bermain" dengan smartphone yang digenggamnya. Misalnya saat melakukan flashing atau rooting, untuk mendukung keperluan tersebut maka harus mengaktifkan USB debugging yang terdapat di dalam opsi pengembang. Dan masih banyak keperluan-keperluan lainnya yang harus didukung oleh setelan-setelan di dalam opsi pengembang. Jika sobat akan melakukan keperluan tertentu yang harus didukung oleh setelan dalam opsi pengembang, namun sobat sulit menemukan opsi tersebut, beginilah cara memunculkan opsi pengembang pada setelan android.

Walaupun sama-sama android, masing-masing tipe perangkat / hp dan versi android bisa saja mempengaruhi istilah atau penempatan opsi-opsi dan setelan-setelan di dalamnya. Tutorial ini saya lakukan pada HP Asus Zenfone 4 dengan Android versi 5. Jika sobat memiliki tipe perangkat dan versi Android yang berbeda, sobat tetap bisa menggunakan tutorial ini karena langkah-langkah yang dilakukan seharusnya tidak akan jauh berbeda.

Memunculkan Opsi Pengembang pada Setelan Android

  • Masuklah ke dalam setelan android kemudian gulir hingga ke paling bawah. Biasanya opsi pengembang terletak di atas opsi about, namun kali ini disembunyikan.
  • Sekarang pilihlah opsi about dan cari info nomor bentukan (build number). Info tersebut terdapat di bagian software information, maka pilihlah Software Information.
Memunculkan Opsi Pengembang pada Setelan Android
  • Di sana sobat akan menemukan bagian nomor bentukan atau build number. Ketuk sebanyak 7 kali pada bagian tersebut hingga muncul pernyataan "Sekarang anda adalah seorang pengembang!".
Memunculkan Opsi Pengembang pada Setelan Android
Selesai sudah langkah yang sangat singkat ini. Kini opsi pengembang telah muncul pada setalan android sobat. Untuk selanjutnya dalam mendukung keperluan-keperluan tertentu, sobat hanya perlu mengaktifkan dan mematikan opsi pengembang ini.

Memunculkan Opsi Pengembang pada Setelan Android

Namun jika sobat merasa takut jika ada kemungkinan opsi pengembang ini digunakan dengan sembarangan saat smartphone sobat digunakan oleh orang lain, sobat bisa menghilangkan kembali opsi ini. Berikut adalah langkah mudah untuk menghilangkan opsi tersebut, yang tentunya tidak akan berlaku pada android versi 4.1 ke bawah.

Menghilangkan Opsi Pengembang pada Setelan Android

  • Masuklah ke dalam setelan Android kemudian pilih Apl / Apps / Aplikasi.
  • Carilah aplikasi setelan / setting / pengaturan pada tab Semua / All Aplikasi.
  • Kemudian pilih dan ketuk aplikasi tersebut jika sudah sobat temukan.
  • Terakhir ketuk hapus data / clear data dan pilih OK jika muncul persetujuan.
Menghilangkan Opsi Pengembang pada Setelan Android

Dengan begini opsi pengembang pada setelan android akan kembali disembunyikan. Namun dengan melakukan langkah-langkah untuk menghilangkan opsi pengembang tadi, mungkin konfigurasi yang telah sobat lakukan pada setelan akan kembali ke keadaan semula (saya juga tidak tahu pasti).

Artikel terkait : Memunculkan dan Menghilangkan Opsi Pengembang pada Setelan Android

Artikel Blog Regi Brader Lainnya :

1 komentar:

  1. oke. terimakasih...
    simpel dan sangat bermanfaat bro

    ReplyDelete

Copyright © 2013-2016 Blog Regi Brader - All Right Reserved